Saturday, March 24, 2012

Tulisan Alay

    Fenomena yang sedang terjadi di Indonesia sekarang adalah sedang banyak orang yang kalau sms itu tulisannya gak cuma huruf doang. Tapi juga bercampur dengan angka-angka. Contohnya adalah "h3y l9 4p4 n1ch? Q b0z3n Nich" yang artinya "hey lagi apa nih? aku bosen nih". Tulisan yang menggunakan perpeduan antara huruf dan angka tersebut biasanya di sebut juga dengan tulisan "alay".

   Sebenarnya, tulisan alay itu tidak hanya menggunakan perpaduan huruf dan angka saja, tetapi juga perpaduan antara huruf besar dan huruf kecil.Selain itu, kadang tulisan alay itu tulisannya aneh.  Seperti misalnya Kanz (kan), ghiy (lagi), hozz (rumah), low (kalau) dan masih banyak lagi. Orang-orang yang kalo sering nulis tulisan alay menganggap diri mereka "keren" atau pun "gaul".  padahal sih Nggak sama sekali.

Berikut adalah contoh-contoh tulisan alay:
1. m_tHa apOn YoH……………… (minta ampun ya…)
2. tPhE qMo pLu tHwO„„„ (tapi kamu perlu tau….)
3. cNeNk…………….. (seneng)
Dan masih sangat amat banyak sekali tulisan-tulisan alay yang lainnya.

    Hm.. pusing ya bacanya? itu baru sepenggal tulisan alay. Gimana kalo 1 kalimat panjang berbahasa alay? hm.. gak ngebayangin deh gimana jadinya kalo baca 1 kalimat panjang berbahasa alay -_-. Yaaa sebagai warga Indonesia yang baik kita seharusny menjaga keaslian bahasa Indonesia dengan sebaik mungkin. Bukan malah merusaknya dengan cara tulis pake tulisan alay gitu. Jadi, mari kita budayakan bahasa Indonesia sesuai kaidah-kaidah yang seharusnya.

1 comment:

  1. Kunjungi Blog ane. http://jokotolesurabaya.blogspot.com

    ReplyDelete